Breaking News

MONITORING DAN PENGAWASAN TAHUN 2019 PADA BIDANG KEARSIPAN DISPURSIP KOTA PALANGKA RAYA

Palangka Raya, (7/9/2020) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya menerima Tim Monitoring dan Pengawasan Kearsipan Internal yang ditunjuk berdasarkan Surat Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Tengah Nomor : 094/476/DISPERSIP.5/2020 tentang penunjukan tim audit pengawasan kearsipan. Susunan tim pengawasan dan audit kearsipan terdiri dari Jabatan fungsional Arsiparis dan pelaksana di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Tengah.

Pengelolaan arsip dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan bukti yang sah, serta keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Hal tersebut sebagaimana telah diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Pemerintah Nomor 28 tentang Kearsipan dan Perka ANRI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan. Pelaksanaan pengawasan dan audit kearsipan sesuai dengan rekomendasi pasca monitoring  Perka ANRi no 06 THN 2005 tentang pedoman perlindungan, pengamanan dan penyelamatan dokumen/ arsip vital negara . J.to Perka ANRi no 9 th 2012 tentang pengelolaan arsip aset negara/daerah.

Terkait Penyelematan dan Pelestarian Arsip Negara periode 2014 – 2019 pada masa pandemi covid 19 dan SOPD yang telah bubar atau terjadi penggabungan dengan SOPD lain sesuai dengan Surat Edaran Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2020 tentang penyelematan dan pelestarian Arsip Negara.

Berdasarkan progres Perwali arsip in aktif , Perwali arsip vital dan Perwali klasifikasi arsip, Kondisi faktual pengawasan kearsipan verifikasi dokumen tingkat perkembangan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya sudah naik ke level 3.

Sumber : Arsp

(@net/m_la)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*